Defenisi Serta Area Lingkup Pengetahuan Pendidikan Islam

Defenisi Serta Area Lingkup Pengetahuan Pendidikan Islam - Pengetahuan pendidikan islam yaitu pengetahuan pendidikan yang menurut islam. isi pengetahuan yaitu teori. isi pengetahuan bumi yaitu teori perihal bumi. maka isi pengetahuan pendidikan yaitu teori-teori perihal pendidikan, pengetahuan pendidikan islam dengan lengkap isi satu pengetahuan tidaklah cuma teori, namun isi lain juga ada adalah :
  1. Teori.
  2. Penjelasan perihal teori itu.
  3. Data yang beri dukungan perihal penjelasan itu.
Defenisi Serta Area Lingkup Pengetahuan Pendidikan Islam

Islam yaitu nama agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw, yang diisi seperangkat ajaran perihal kehidupan manusia, ajaran itu dirumuskan menurut serta bersumber pada Al Qur’an serta hadist dan aqal.

Pemakaian dasarnya sebaiknya berurutan, Al Qur’an lebih dahulu, apabila tak ada atau tidak jelas didalam Al Qur’an maka mesti dicari didalam hadist, apabila tak ada atau tidak jelas di dalam hadist, barulah dipakai aqal ( pemikiran ), namun temuan aqal tidak bisa bertentangan dengan jiwa Al Qur’an serta hadist.

Adapun area ruang lingkup pendidikan islam yaitu seperti berikut :
  1. Perbuatan mendidik itu sendiri, yakni semua aktivitas tindakan atau perbuatan serta sikap yang dikerjakan oleh pendidik pada saat hadapi atau mengasuh anak didik.
  2. Anak didik, yakni objek pendidikan islam yang diarahkan untuk meraih tujuan pendidikan.
  3. Dasar serta tujuan pendidikan islam, yakni landasan sebagai pundamen dan sumber dari semua aktivitas pendidikan.
  4. Pendidik, yakni subjek pendidikan islam.
  5. Materi pendidikan islam, yakni beberapa bahan atau pengalaman-pengalaman belajar pengetahuan agama islam yang disusun sedemikian rupa ( dengan susunan yang lajim namun logis ) untuk di sajikan / disampaikan pada peserta didik.
  6. Metode pendidikan islam, yakni langkah yang sangat pas dikerjakan oleh pendidik untuk mengemukakan bahan atau materi pendidikan islam pada peserta didik.
  7. Evaluaasi pendidikan, yakni berisi langkah-cara sebagaimana mengadakan evaluasi atau penilaian pada hasil belajar anak didik.
  8. Alat-alat pendidikan islam, yakni alat-alat yang bisa dipakai sepanjang melaksanakan pendidikan islam supaya tujuan pendidikan islam tersebut lebih sukses.
  9. Lingkungan lebih kurang ( milleu pendidikan islam ), yakni situasi-keadaan yang ikurt punya pengaruh didalam proses dan hasil pendidikan islam.
Previous
Next Post »

Auto Like Facebook