Pendidikan Dalam Perspektif Islam


Pendidikan Dalam Perspektif Islam
Ilmu pengetahuan pendidikan didalam perspektif islam, menurut pendidikan islam tercakup didalam delapan pengertian, yakni :

  1. At-tarbiyyah ad-din ( pendidikan keagamaan ),
  2. At-ta’lim fil islamy ( pengajaran keislaman ),
  3. Tarbiyyah al-muslimin ( pendidikan orang-orang islam ),
  4. At-tarbiyyah fil islam ( pendidikan didalam islam ),
  5. At-tarbiyyah ‘inda muslimin ( pendidikan dikalangan orang-orang islam ),
  6. Serta at-tarbiyyah al-islamiyyah ( pendidikan islami ).

Makna pendidikan islam itu sendiri yaitu pendidikan yang menurut Agama Islam. isi pengetahuan yaitu teori. isi pengetahuan bumi yaitu teori perihal bumi. maka isi pengetahuan pendidikan yaitu teori-teori perihal pendidikan, pengetahuan pendidikan islam dengan lengkap isi satu pengetahuan tidaklah cuma teori.

Hakikat manusia menurut islam yaitu makhluk ( ciptaan ) tuhan, hakikat wujudnya bahwa manusia yaitu mahkluk yang perubahannya di pengaruhi oleh pembawaan serta lingkungan.

Manusia prima menurut Islam yaitu jasmani yang sehat dan kuat serta berketerampilan, cerdas dan pintar.
Tujuan umum pendidikan islam adalah terwujudnya manusia sebagai hamba Allah. lantas menurut islam, pendidikan sebaiknya jadikan semua manusia yang menghambakan pada allah. yang disebut menghambakan diri adalah beribadah pada allah.

Pengertian pendidik yaitu orang dewasa yang bertanggung jawab berikan tuntunan atau pertolongan pada anak didik didalam perubahan jasmani serta rohaninya supaya meraih kedewasaan. pendidik islam adalah individu yang melaksanakan tindakan mendidik dengan islami didalam kondisi pendidikan islam untuk meraih tujuan yang diinginkan.

Pendidik islam adalah individu yang melaksanakan tindakan mendidik dengan islami didalam kondisi pendidikan islam untuk meraih tujuan yang diinginkan. beberapa pakar pendidikan lebih menyoroti arti-istilah dari segi perbedaan pada tarbiyyah serta ta’lim, atau pada pendidikan serta pengajaran. serta dikalangan penulis indonesia, arti pendidikan umumnya lebih diarahkan pada pembinaan watak, moral, sikap atau kepribadian, atau lebih mengarah pada afektif, sesaat pengajaran lebih diarahkan pada penguasaan ilmu dan pengetahuan atau menonjolkan dimensi kognitif serta psikomotor.

Pengertian pendidikan apalagi lebih diperluas cakupannya sebagai kegiatan serta fenomena. pendidikan sebagai kegiatan bermakna usaha yang dengan sadar dirancang untuk menolong seseorang atau sekelompok orang saat mengembangkan pandangan hidup, sikap hidup, serta keterampilan hidup, baik yang berbentuk manual ( panduan praktis ) ataupun mental, serta sosial namun pendidikan sebagai fenomena yaitu momen pertemuan pada dua orang atau lebih yang efeknya adalah berkembangnya satu pandangan hidup, sikap hidup, atau keterampilan hidup pada di antara atau sebagian pihak, yang ke-2 pengertian ini mesti bernafaskan atau dijiwai oleh ajaran serta nilai-nilai islam yang bersumber dari al qur’an serta sunnah ( hadist ).
Menurut Prof. Dr. Mohammad Athiyah al Abrasyi pendidik itu ada tiga jenis :

  1. Pendidikan Kuttab
    Pendidikan Kuttab adalah yang mengajarkan al qu’ran pada anak-anak dikuttab. beberapa di antara mereka cuma berpengetahuan sebatas pintar membaca, menulis serta menghafal al qur’an semata.
  2. Pendidikan Umum
    Pendidikan Umum adalah pendidikan biasanya, yang mengajarkan dilembaga-lembaga pendidikan serta mengelola atau melaksanakan pendidikan islam dengan resmi sperti madrasah-madrasah, pondok pesantren maupun informal layaknya di dalam keluarga.
  3. Pendidikan Khusus
    Pendidikan Khusus yaitu pendidikan dengan privat yang didapatkan dengan spesial pada satu orang atau kian lebih seorang anak pembesar kerajaan ( pejabat ) serta yang lain.
Previous
Next Post »

Auto Like Facebook