Tujuan Utama Pendidikan Manusia

Hakikat manusia menurut islam. - Didalam teori pendidikan lama, yang dikembangkan di dunia barat, dikatakan bahwa perubahannya seseorang cuma di pengaruhi oleh pembawaan ( nativisme ) ( arthur sckonenhauer : 1788 – 1860 ). sebagai lawannya berkembang juga teori yang mengajarkan bahwa perubahan seseorang cuma ditentukan oleh lingkungannya ( empirisme ) ( john locke )., sebagai sintesisnya dikembangkan teori ketiga yang menyebutkan bahwa perubahan seseorang ditentukan oleh pembawaan serta lingkungannya ( konvergensi ) ( louis william stern 1871 – 1938 ).
manusia adalah makhluk ( ciptaan ) tuhan, hakikat wujudnya bahwa manusia yaitu mahkluk yang perubahannya di pengaruhi oleh pembawaan serta lingkungan.

Manusia yaitu makhluk utuh yang terdiri atas jasmani, akal, serta rohani sebagai potensi pokok, manusia yang memiliki segi jasmani, dijelaskan didalam surah al qashash ayat : 77 :
“dan carilah pada apa yang sudah dianugerahkan allah kepadamu ( kebahagiaan ) negeri akhirat, serta jangan sampai anda melupakan bahagianmu dari ( kesenangan ) duniawi serta berbuat baiklah ( pada orang lain ) sebagaimana allah sudah berbuat baik, kepadamu, serta jangan sampai anda berbuat rusaknya di ( muka ) bumi. sebenarnya allah tidak suka orang-orang yang berbuat rusaknya. ”

Manusia didalam pandangan islam - Manusia didalam pandangan islam memiliki segi jasmani yang tidak bisa dipisahkan dari segi rohani ketika manusia tetap hidup di dunia.

Manusia memiliki alat-alat mungkin yang didapatkan allah pada manusia untuk menggapai ilmu dan pengetahuan4 :
  • a. Al-Lams serta As-Syum ( alat peraba serta alat penciuman atau pembau )

    #baca QS. Yusuf : 94
    “tatkala kafilah itu sudah ke luar ( dari negeri mesir ) berkata bapak mereka : sebenarnya saya mencium bau yusuf, sekiranya anda tidak menuduhku lemah akal ( pasti anda membetulkan saya ). ”
  • b. al-sam’u ( alat pendengaran )

    #Baca QS. Al-Mu’minun : 78
    “dan dialah yang sudah menciptakan untuk anda sekalian, pendengaran, penglihatan serta hati. sangat sedikitlah anda bersyukur“
  • Al-Abshar ( penglihatan )

    #Baca QS. As-Sajdah : 27
    “dan apakah mereka tidak mencermati, bahwasanya kami menyingkirkan ( awan yang memiliki kandungan ) air ke bumi yang tandus, lantas kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya makan hewan ternak mereka serta mereka sendiri. maka apakah mereka tidak mencermati ?”
  • Al-Aql ( akal atau daya berfikir )

    #Baca QS. Al-An’am : 50

    “katakanlah : saya tidak menyebutkan kepadamu, bahwa perbendaharaan allah ada padaku, serta tidak ( juga ) saya tahu yang ghaib serta tidak ( juga ) saya menyebutkan kepadamu bahwa saya seorang malaikat. saya tidak ikuti jika apa yang diwahyukan kepadaku. katakanlah : apakah sama orang yang buta dengan yang lihat ? maka apakah anda tidak memikirkan( nya ) ?. ”
  • Al-Qalbu ( kalbu - hati )/

    #Baca QS. Muhammad : 24
    “maka apakah mereka tidak mencermati al quran ataukah hati mereka terkunci ?”
Manusia prima menurut islam
  • Jasmani yang sehat dan kuat serta berketerampilan
    islam menginginkan supaya orang islam itu sehat mentalnya dikarenakan inti ajaran islam ( iman ). kesehatan mental terkait jamant dengan kesehatan jasmani, dikarenakan kesehatan jasmani itu kerap terkait dengan pembelaan islam.

    jasmani yang sehat dan kuat terkait dengan ciri lain yang dikehendaki ada pada muslim yang prima, yakni menguasai di antara ketrampilan yang dibutuhkan saat mencari rezeki untuk kehidupan.

    beberapa pendidik muslim sejak zaman permulaan - perubahan islam sudah tahu begitu pentingnya pendidikan keterampilan berbentuk pengetahuan praktis serta latihan kejuruan. mereka menganggapnya fardhu kifayah, sebagaimana diterangkan didalam surat huud ayat 37 :

    “ serta buat bahtera itu dengan pengawasan serta panduan wahyu kami, serta jangan sampai anda bicarakan dengan saya perihal orang-orang yang zalim itu ; sebenarnya mereka itu dapat ditenggelamkan. ”
  • Cerdas dan pandai

    Agama Islam inginkan pemeluknya cerdas dan pintar yang ditandai oleh ada kekuatan saat menyelesaikan masalah dengan cepat serta pas, namun pintar di tandai oleh banyak mempunyai pengetahuan serta informasi. kecerdasan serta kepandaian itu bisa dipandang melewati indikator-indikator seperti berikut :
  • Mempunyai sains yang banyak serta berkwalitas tinggi.
  • Dapat mengerti serta membuahkan filsafat.
  • Rohani yang berkwalitas tinggi.
Kemampuan rohani ( tegasnya kalbu ) lebih jauh dari pada kemampuan akal. dikarenakan kemampuan jasmani terbatas pada objek-objek berwujud materi yang bisa ditangkap oleh indera.

Tujuan Utama Pendidikan Manusia


Islam amat mengistemewakan segi kalbu. kalbu bisa menembus alam ghaib, apalagi menembus tuhan. kalbu inilah yang disebut potensi manusia yang dapat beriman dengan sungguh-sungguh. apalagi iman itu, menurut al qur’an tempatnya di dalam kalbu.
Previous
Next Post »

Auto Like Facebook