Puasa Syawal 2013 | 1434 H

Puasa syawal – teman dekat perpustakaan digital, hari ini adalah awal dari bulan syawal 1434 Hijriyah setelah kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1434 H.Artikel kali ini admin ingin berbagi pengetahuan tentang puasa syawal, mengapa kita di perintahkan puasa syawal di bulan syawal, dan apa saja keistimewaan orang yang puasa syawal di bulan syawal. puasa syawal adalah puasa sunnah 6 hari di bulan syawal, tentu kita telah mengetahui bahwa puasa adalah perisai untuk seorang muslim baik didunia ataupun di akhirat. didunia, puasa yaitu perisai dari perbuatan - perbuatan maksiat, namun di akhirat kelak yaitu perisai dari api neraka.



Mengapa kita di perintahkan untuk puasa syawal di bulan syawal ?

Puasa syawal adalah puasa yang disunnahkan sesudah berpuasa di bulan mulia ramadhan yaitu puasa enam hari di pada bulan syawal. Mengapa kita di perintahkan untuk puasa syawal di bulan syawal ? oleh karena puasa syawal memiliki keutamaan yang amat istimewa.

Dari Abu Ayyub Al Anshari, Rasulullah saw bersabda :

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan lantas berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia seperti berpuasa 1 tahun penuh. ” ( HR. Muslim no. 1164 ).

Dari Tsauban, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa berpuasa enam hari sesudah hari raya iedul fitri, maka seperti berpuasa 1 tahun penuh. barangsiapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh lipatnya. ”
( HR. Ibnu Majah serta dishahihkan oleh Al Albani didalam irwa’ul gholil ).

Imam Nawawi rohimahullah menyebutkan didalam syarh shohih Muslim 8/138,

“Dalam hadits ini ada dalil yang jelas untuk madzhab syafi’i, ahmad, dawud beserta ulama yang sama pendapat dengannya yakni puasa enam hari di bln. syawal yaitu satu perihal yang dianjurkan.”

Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal

Kapan perintah puasa syawal di laksanakan ? puasa syawal dikerjakan sesudah hari lebaran, tidak bisa dikerjakan di hari raya idul fitri. Perintah Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal ini kami ambil oleh karena menurut larangan Nabi Muhammad SAW didalam haditsnya yang diriwayatkan dari Umar bin Khathab, beliau berkata,

“ini yaitu dua hari raya yang rasulullah melarang berpuasa di hari tersebut : hari raya idul fitri sesudah kalian berpuasa serta hari yang lain ketika kalian makan daging korban kalian ( idul adha ). ” ( muttafaq ‘alaih )

Keutamaan yaitu berpuasa enam hari berturut-turut segera sesudah hari raya idul fitri. tetapi bila ada orang yang berpuasa syawal dengan tidak berturut-turut atau berpuasa di terakhir bulan maka dia tetap memperoleh keuatamaan puasa syawal menurut konteks hadits ini. Inilah pendapat yang benar menurut kami. lantas, bisa berpuasa dengan berturut-turut atau tidak, baik di awal, di dalam, ataupun di akhir bln. syawal. walaupun yang lebih utama yaitu bersegera mengerjakannya menurut dalil-dalil yang diisi perihal saran bersegera didalam beramal sholih. sebagaimana allah berfirman, “maka berlomba-lombalah didalam kebaikan. ” ( al maidah : 48 )serta juga didalam hadits tersebut ada lafadz ba’da fithri ( sesudah hari raya iedul fithri ), yang tunjukkan selang waktu yang tidak lama.

Tanggal di perintahkan puasa syawal di tahun 2013

Tanggal di perintahkan puasa syawal 1434 H atau pada tahun 2013 ini yaitu 1 hari sesudah hari raya idul fitri 1434 H, di mana pada tahun. 2013 ini, idul fitri jatuh pada hari kamis tanggal 8 agustus 2013. lantas bila kita melaksanakan puasa syawal dengan berturut-turut sepanjang 6 hari maka, proses puasa syawal itu yaitu pada :

  • Jumat, 9 agustus 2013
  • Sabtu, 10 agustus 2013
  • Ahad, 11 agustus 2013
  • Senin, 12 agustus 2013
  • Selasa, 13 agustus 2013
  • Rabu, 14 agustus 2013

Previous
Next Post »

Auto Like Facebook