10 rumah unik di dunia


Desain dan interior rumah merupakan cerminan pribadi pemiliknya. Tak heran jika banyak keluarga yang menolak tinggal di sebuah kompleks perumahan siap huni. Mereka umumnya enggan menempati rumah ‘kembar’ dengan para tetangga.

Mereka lebih memilih berkreasi sendiri untuk membangun rumah impian. Mereka bahkan tak ragu mendesain tempat tinggal mereka dengan bentuk-bentuk tak lazim.

Berikut adalah 10 rumah unik, yang mungkin saja bisa menginspirasi Anda, untuk berkreasi menciptakan tempat tinggal yang menonjolkan karakter keluarga.

1. Rumah Toilet

Rumah berbentuk toilet ini dinamakan Haewoojae, yang berarti rumah untuk memuaskan kekhawatiran pria. Terletak di Suwon, sekitar 46 km (29 mil) sebelah selatan Seoul, Korea Selatan. Aktivis sanitasi Korea Selatan akan menandai awal munculnya asosiasi toilet global pada 21 November 2007, dengan mengangkat tutup pada rumah toilet pertama di dunia yang memiliki banyak ruang penyimpanan air.

2. Rumah Terbalik

Rumah yang membuat pusing orang yang melihatnya karena terbalik ini terletak di Szymbark, Polandia. Diciptakan oleh Daniel Czapiewski untuk mendeskripsikan masa komunis dan kondisi saat ini.

3. Rumah Teko

Rumah teko sebenarnya pompa bensin kecil yang dibangun pada 1922. Pembangunannya untuk menyindir skandal ‘Teapot Dome’ Presiden Harding dan badan federal cadangan minyak bumi di Wyoming. Rumah teko itu merupakan pompa bensin tertua di negara bagian tersebut dan tidak lagi digunakan.

4. Rumah Sepatu

Sepatu warna coklat, berukuran besar dan bisa dimasuki manusia. Itu adalah rumah sepatu yang terletak di Hellam, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dibuat oleh Kolonel Mahlon M. Haines, seorang ahli pembuat sepatu, pada 1948. Terdiri tiga kamar tidur, dua kamar mandi, dapur dan ruang keluarga. Sempat menjadi tempat penyimpanan es krim, rumah sepatu tersebut saat ini menjadi sebuah museum.

5. Rumah Luar Angkasa

Rumah unik ini terletak di 1408 Palisades Road, Chattanooga, negara bagian Tennessee, Amerika Serikat. Rumah berdiri di atas lahan 2000 square feet atau setara dengan 185,8 meter persegi. Dalam rumah terdapat tiga kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, ruang keluarga, dan bar terbuka.

6. Rumah Kubus

Terletak di Rotterdam, Belanda, rumah kubus terdiri 32 rumah yang berhubungan satu sama lain. Rumah yang tiap kubusnya terdiri dari tiga lantai, ini dirancang oleh Piet Blom pada 1984.

7. Rumah Kerang

Rumah berbentuk kerang lengkap dengan kamar tidur, kamar mandi dan dapur ini dirancang dan dibangun oleh tim dari Senosiain Arquitectos di Mexico City, Meksiko.

8. Rumah Gelembung

Rumah yang berhias gelembung-gelembung ini terletak di Cannes, Prancis. Pada awal tahun 1980an, perancang busana ternama, Pierre Cardin, membeli rumah unik ini untuk liburan musim panas. Rumah gelembung dirancang oleh Antti Lovag.

Anak-anak itu memang sangat lucu dan setiap aktivitas yang dilakukannya selalu membuat kita tersenyum dan tertawa. Tapi, dengan kelincahannya pula terkadang membuat kita jadi pusing karena ketidaksanggupan kita untuk mengontrolnya.

Yah… terkadang kita melakukan sesuatu untuknya, mengajarkannya berbagai hal dengan maksud agar mereka mulai mengerti sejak dini. Tapi, si kecil malah menanggapinya berbeda, mengganggap apa yang kita lakukan untuknya adalah sesuatu hal yang menyeramkan dan aneh menurut mereka. Contohnya ketika kita mulai membiasakannya untuk rajin menyikat gigi. Ketika kita panggil dan menyuruhnya sikat gigi, mereka malah berlari dan menghindar (Segitu menyeramkannyakah menyikat gigi?). Hem… sampai-sampai kita dibuat pusing deh dengan tingkahnya.


Bagi-bagi teman-teman yang merasa pusing karena hal itu, maka saya akan sampaikan beberapa tips yang insya Allah bermanfaat.


1. Libatkan anak saat membeli sikat gigi dan pasta gigi.

Ketika akan membeli sikat gigi dan pasta gigi, biarkan si kecil memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi yang disenanginya. Dengan berbagai warna-warni dan bentuk yang unik, tentunya sangat disenangi oleh mereka. Tapi tetap harus berpegang dengan kaidah-kaidah sikat gigi yang baik yaitu ukuran kecil, bulu sikat lembut, kepala sikat menyempit, ujung sikat dan ujung bulu sikat sedekat mungkin. Begitu pun dengan pasta giginya yaitu mengandung fluor.


2. Jadikan tempat menyikat gigi menjadi tempat yang menyenangkan.

Jadikan tempat aktivitas menyikat gigi semenarik mungkin agar si kecil senang dan nyaman. Contonya, dengan menghiasi cermin dan westafel dengan warna yang disenanginya atau dengan gambar-gambar yang menarik seperti bunga dan tanaman, dan lain-lain.


3. Buatlah waktu untuk menyikat gigi

Jadwalkan waktu untuk menyikat gigi, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Ketika waktu menyikat gigi telah tiba, maka diwajibkan untuk seluruh anggota keluarga melakukan sikat gigi bersama-sama. Hal seperti ini, tentunya merupakan hal yang menyenangkan bagi si kecil dan si kecil pun menikmatinya. Saat itu pula, kita bisa mencontohkan dan mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Dan ingatkan si kecil bahwa pasta giginya jangan ditelan, dan berkumur-kumur setelah menyikat gigi.


4. Lakukan hal yang disenanginya saat menyikat gigi

Misalnya si kecil senang menyikat gigi sambil bercermin, atau hal-hal lain yang senang dikerjakannya….


5. Memberitahukan pentingnya menyikat gigi

Ketika anak sudah berusia 3 tahunan, pada usia ini, anak sudah mampu untuk dijelaskan. Kita bisa menjelaskan secara langsung dengan bahasa yang dimengerti oleh si kecil atau bisa dengan membelikannya sebuah buku tentang menyikat gigi dengan gambar-gambar yang lucu yang disenangi oleh anak-anak.
























Previous
Next Post »

Auto Like Facebook